Kecerdasan Buatan Di Masa Depan

Saat ini kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan bidang ilmu computer yang semakin berkembang pesat. Banyak aplikasi yang telah digunakan untuk kemamjuan teknologi automatisasi, seperti sistem pakar, robotika, sistem sensor , game playing, peramalan menggunakan jaringan syaraf tiruan dan masih banyak lagi.

Dengan pemanfaatan kecerdasan buatan segala aktifitas manusia dapat didukung. Apalagi di era teknologi saat ini manusia modern sangat mengandalkan teknologi. Dengan kecerdasan buatan pekerjaan manusia menjadi efisien dan maksimal. Contohnya dalam bidang robotika. Saat ini banyak sekali contoh aplikasi kecerdasan buatan dalam bidang robotika yang sangat berguna untuk membantu manusia salah satunya adalah robot mini Andros II.

 Image

Mini Andros II

Mini Andros II, sebuah robot penjinak bom melepaskan ‘bom’ dari ujung mobil dalam demo untuk wartawan di Miami. The federal Bureau of Alcohol, Tobacco, Firearms and Explosives menunjukkan bagaimana robot melepaskan dan mejinakan bahan peledak dengan aman.

 

Kecerdasan Buatan Di Masa Depan 

Kecerdasan buatan di masa depan mungkin akan terfokus kedalam bidang robotika. Apalagi dengan kembiasaan manusia modern saat ini yang sangat membutuhkan automatisasi dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan kecerdasan buatan tentulah robot di masa depan akan lebih pintar . Semakin berkembangnya kecerdasan buatan maka akan semakin berkembang juga ilmu robotika.

Di Indonesia sendiri aplikasi kecerdasan buatan robotika ini lebih baik difokuskan kedalam bidang pertanian. Tak hanya pekerjaan yang terkait dengan industri besar saja, pekerjaan yang biasa dikerjakan secara tradisional seperti di bidang pertanian juga membutuhkannya. Dilihat dari basis Indonesia sebagai Negara agraris maka pengimplentasian robot didalam bidang pertanian akan semakin meningkatkan kualitas dan kuantitas dari hasil pertaniannya.

Masa depan pertanian bukan tentang mendapatkan efisiensi lebih banyak dari masing masing petani tetapi bagaimana petani mengoptimalkan teknologi dan bukan teknologi mengoptimalkan petani. Masa depan pertanian terletak tidak dengan rekayasa genetika benih atau super-pupuk, melainkan dapat datang dalam cara baru untuk menanam, tumbuh dan panen tanaman menggunakan robot bukan traktor,Sehingga mendapatkan hasil yang melimpah dari setiap petak lahan pertanian yang di olah.

         Image

Prospero Robot

                Salah satu proyek robot pertanian yang sedang dikembangkan saat ini adalah prospero robot. Robot ini dikembangkan oleh seorang ilmuan bernama David Dorhout. Beliau telah membangun sebuah Robot yang disebut Prospero yang dapat menanam benih secara individu dan yang paling menarik adalah robot bisa mengingat dimana dia menanam benih serta memplot bagian bagian yang belum di tanami.

Prospero hanya awal, kata Dourhout melalui discovery. Dia ingin membangun sebuah robot yang bisa menanam, memelihara dan juga mampu untuk memanen secara mandiri dan yang lebih penting adalah cara yang paling efisien. Robot petani diwaktu senggang juga bisa di fungsikan untuk membantu petani menjaga lahan pertanian dari hama dan Gulma tanpa menggunakan bahan kimia sehingga produk pertanian yang dihasilkan sangat sehat dan hasil panen yang meningkat. Prospero merupakan robot berkaki enam sebagai langkah awal dalam merevolusi sistem pertanian di masa depan, dan ini merupakan Visi dari Dourhout.

Referensi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s